CIRI KOMPONEN PENGAPIAN MATI


CIRI KOMPONEN PENGAPIAN MATI

Sistem pengapian bertugas menyediakan kilatan api untuk membakar bensin yg telah terkompresi. Syaratnya, waktu pengapian harus tepat dan power apiharus kuat. Pengapian lama dikenal tipe platina (konvensional) dan yg modern sudahelektronik (CDI).

Selanjutnya kita kupas khusus pengapianCDI, baik sumber arusnya searah (…aki/DC) maupun bolak-balik (AC/spul).

Komponenya mulai dr spul atau aki, CDI, KOIL, pulser dan busi. Bila terjadi kerusakan mendeteksinya pakai alat khusus, misalnya pakai multitester, spark plug tester atau ignition tester. Sayangnya tidaksemua bengkel memiliki alat ini, apalagi perorangan yg hobi utak-atik dirumah. Nah, ini sedikit berbagi cara mengetahui ciri-ciri kerusakannya.

KOIL

Fungsi koil menggandakan tegangan rendah dari aki atau spul menjadi ribuan kilo volt, dalemannya berisi kumparan primer dan sekunder. “menurut petunjuk buku manual kerusakan koil terdeteksi lewat besarnya tahanan kumparan. Bila menyimpang dari spesifikasi artinya rusak ”

Lalu, apaciri khas koil sudah wajib ganti.? “petanda koil rusak salah satunya bila mesin panas atau setelah berjalan beberapa kilometer tiba-tiba api hilang” bila koil bermasalah jarang bget apinya langsung hilang, kebanyakan busi masih memeletikkan api, tapi lompatannya kecil dan berwarna merah dan yg bagus berwarna putih kebiru-biruan. Enggak heran kalau mesin susah hidup.

CDI

Ada dua ciri khas bila capasitor discharge ignition (CDI) wajib ganti “percikan api pada busi hilang sama sekali dan mbrebet diputaran tinggi”.

Bila kasus pertama menimpa anda, mesin motor ngak bisa dinyalakan, adaperangkat elektronik dalam CDI yg mati/putus, bisa kapasitor atau pulsernya. Bila diukur dengan multitester , tegangan kabel yg mrnuju koil hilang sama sekali.

Berbedabila putaran mesin tersendat diputaran atas, menurut tuner mesin. “koil masih mengeluarkan tegangan tinggi tetapi tak sanggup melayani frekwensi tinggi” jd lompatan apinya terputus-putus, begitu puntiran gas diturunkan mesin normal kembali.

SPU L PENGAPIAN

Spul alias kumparan pengapian menyediakan sumber tegangan bolak-balik (AC), komponen ini khusus untuk pengapian CDI AC. Funsinya sama seperti aki Cuma bedanya tegangannya searah (DC). Spul putus atau terbakar tidak bisa memproduksi setrum ”makanya bila komponen ini troble mesin mati total” pertanda spul terbakar secara fisik nampak gosong.

Berbeda pada CDI DC yg sumber tegangannya aki, bila aki rusak mesin masih bisa dihidupkan “asal sistem pengisian masih jalan, sebab suolai mesin digantikan oleh kiprok”, perlu diwaspadai bila aki tidak segera diganti sangatberbahayaterhadap CDI. Soalnya output kiprok tidak murni arus searah. Bila dideteksi dengan osciloscope masih terlihat adanya gelombang tegangan AC.

PULSER

Gejala pulser problem mirip dengan CDI. “bila belum parah mesin masih menyala tetapi endut-endutan”. Munculnya bisa diputaran bawah juga di rpm atas.

Bila kumparan didalam pulser putus maka tidak keluar tegangan samasekali, sehingga listrik yg seharusnya dikirim ke SCR dalam CDI terputus, setrum dalam kapasitor tidak tersalur ke koil sehingga mesin mogok.

BUSI

Busi yg mendekati kematian cirinya saat di starter muncul letupan dimoncong knalpot, mesin juga sulit dihidupkan, tetapi bila isolator dalam busi putus maka mesin mati total. Meskipun koil memproduksi tegangan tinggi akan terhambat. Alhasil, elektroda busi tak ada letikan bunga api

86 tanggapan untuk “CIRI KOMPONEN PENGAPIAN MATI”

  1. sore gan,sya punya motor krisma 125,kendalax tdak bsa hidup padahal spul dan pulserx baru smua,trus di cek pke multimeter msi bgus,trus klau di pasang kepala dri kabel spul,sama felser ke kipro ad percikan api,trus klo dri CDI ke kuil da ad,padahal CDI nya bru,bhkan karna tda ad percik api di bli lgi yg bru,tpi ttp aj ad ad percikan api yg mnju kuil,kra2 slsix gmna mna gan,.?

    Suka

    1. Utk memastikan bisa di coba jamper dlu kabel nya kontak buat jalan mati ndak, atau langsung coba ganti kontak, indikasi permslahan di kontak e itu

      Suka

    1. Gak ada dari spul.???
      Padahal sumber arus dari generator (spul + magnet) jika dr spul tdk ada Arus, coba pastikan saat pemasangan spull baru sudah benar blm, jagan2 Masa arus ny tdk nempel / spul nya bermslah, cek pke Multitester, Pastikan penggunaan Spul Original YGP (Yamaha Genuine Parts)

      Suka

    1. Perlu pengecekan dlu nih….
      Yg pasti 3 faktor syarat motor hidup, dr situ juga kmungkinan motor UpNormal,
      1.pengapian,
      2.bahan bakar,
      3.kompresi,
      Cek dlu komponen.2 yg berhubungan dgan itu.. thanks…

      Suka

  2. Mau tanya gan
    Motor saya megapro2007
    Motornya saya kalo udah panas mati, tapi sebelum mati brebet dulu
    Nahh kejadian ini timbul setelah motor habis di cuci
    Mohon pencerahannya

    Suka

  3. Gan Mau Tanyak … gua Punya sepeda Motor Shogun rr 125
    sepeda Motor Tiba2 Mati Waktu Di Kendarain ,,
    di Cek Di Bengkel
    Ternyata Perapian Mati total Gk da sama Sekali ,, Di Periksa Cdi aman , spull aman ,, Batre aman ,, Koil Aman ,, Busi Aman ,,, tpi Kok Tetep Aja Api Nya Gk Da Sama Sekali >.
    Mohon Pencerahan Gan
    Terimah Kasih

    Suka

  4. trims… sebelumnya..
    ini gan… motor saya grand dari cdi ada percikan Bagus… ke coil kog g bisa ngluarin api… kalau massa ditempel ke bodi g bisa.. kalau direnggangin atau digesek kebody koil ada percikan api…gimana solusinya gan…?

    Suka

  5. mas sebelumnya ni mau tanya ya saya pake fiz r , tapi kelistrikan hidup kecuali pengapian busi yang jadi pertanyaa saya kabel orange positif dari cdi itu gak mau mengeluarkan loncatan api apakah cdi nya bermasalah ya?

    Suka

    1. cdi bermasalah bisa mas, tp baik nya di pastikan dlu, dari spul untuk arus pengapiannya keluar ndak arus nya, dan Fulser pgapian ny juga normal ndak, gitu ya..

      Suka

  6. saya punya colt th 80 . baru jalan 2 km koil panas dan mrebet. lalu di platina tidak ada percikan api . apa penyebabnya

    Suka

  7. Gan… Scorpio ane CDI baru, fulser baru, spul baru, tapi ko pengapiannya masih kosong ya gan, alias belum ada apinya…???

    Suka

  8. Misi gan ,motor kharisma saya pengapiannya kadang ada kadang hilang padahal busi,coil fulser udah dicek msh bagus,kabel + soket bagus,apa ya penyebabnya ?

    Suka

  9. Mas sy mau tnya, npa motor supra x sy bla di gas besar dkit dia merebet, bla tarik gas pelan bru dia normal, pada hal sy dah ganti cdi bru dan karbu bru dan jg busi tpi hsil nya ttp sma,tlng di jlas kan, mksh

    Suka

    1. sepul sering mati di cek dulu apa ada gesekan antara magnet dan batang/rumah spul,? jika iya penyebabnya karena bearing poros engkol aus atau bisa jd putaran magnet oleng,
      setang seker tidak pengaruh ke spul sring mati,

      Suka

  10. gan,. ane pnya masalah dg motor gl max, disaat mesin dingin sulit banget di hidupkan saya copot kabel busi tdk keluar listriknya terus mesin bisa hidup normal setelah di stater beberapa kali, anehnya ketika saya rem mesin langsung mati sepertinya suplai listrik tersedot lampu rem. kalo mesin sudah panas mesin berjalan seperti biasa. ini penyebabnya apa ya gan.. mohon pencerahannya….

    Suka

  11. Bung arif mw nanya niih, sy punya motor xeon, awal gejalany langsamx naik n turu pertama di hidupkan, terus ku perbaiki kalbulatorx, n ku pasangkan kembali, setelah di engkol berkali2 motornya tidak mau hidup lagi sampe sekrang, kira-2 apa yah masalah di motorku, ku tunggu jawabanya, cepat yahhh????

    Suka

  12. bos kalau punya ane kejadiannya kaya gini lagi jalan tiba2 mati dan pengapian sama sekali ngak ada dan setelah di cek ke bengkel dan di coba antara koil dan cdi tapi ngak ada keluar pengapiannya kira2 apanya tuh gan?

    Suka

    1. yg hruus di chek dari sumber aruus nya dulu, yaitu dr spul untuk motor pgapian AC dan dr accu untuk pgapian DC, baru cek CDI – FULSER – KONTAK – KOIL – dan jgan lupa kabel nya jg.. naah tp klo setiap mesin panas macet kmungkinan diantara spul + FULser + coil nya…

      Suka

  13. bro pertanyaan saya sama kaya “Anonymous ,30 Juni 2011 pada 8:25” motor saya RX spesial udah CDI bawaan dari sononya…
    gini ni… motor saya kalo dipake agak lama n mesin udah panas gitu kok brebet-brebet terus mati ya.. tapi kalo uda didiemin sebentar nanti bisa hidup lagi,, tak kirain koilnya udah lemah… udah diganti koil eh sama aja… kenapa ya… apa CDI nya apa spull nya ??
    mohon pencerahannya gan….

    Suka

  14. gan, mohon d jwb.. Motor ane shogun 125.. Aki motor baru ganti sbulan, tp kok motor ga bisa hidup, awal pagi saya bwa motor trus sendat”, trus motor mati gitu aja,. Saya hidupkan malah kluar asap di karbu.. Trus motor mati total.. Kira” apa yang rusak ya.!?

    Suka

  15. prnah sy alami,mesin motor jika panas langsung mati,tunggu skitr 15 mnt br bs nyala lg msn mtr,stelah 2 kilo mati…… bw ke beres trnyata spull dan cdi sudah lemah………di ganti dgn yg ori walou mahal spart partnya,problem motor selesai…….

    Suka

  16. Motor gw supra 100 cc suka ngadat/mogok tiap hbis jalan susah bngt d idupinya tpi pngapian d busi gede apinya,tpi heran boros bngt sma businya cpet bngt item,klo d putaran gas rendah brebet-brebet. Filing gw si pulsernya udh ngadat. Mnurut anda apanya ya?

    Suka

  17. mohon infonya gan
    motor saya smash
    sama klo motor udah panas suka mati trus ddiemin bentar hidup lgi..
    kira2 apa ya penyakitnya..?

    Suka

  18. bang mau nanya motor saya itu kadang mati sendiri ,tapi kalo kontak dimatikan trus dihidupkan kembali distater langsung hidup normal lagi,,itu knapa ya tolong solusinya jwbnya email ke maryanto1922@gmail.com terimaksih atas solusinya yg akan diberikan

    Suka

  19. motor satria 2 tak keluaran pertama, klo di gas hmpir mentok2 mbrebet dan meledak2 ada api di knalpot apa yg brmslh cdi/ spul.busi pke bru hasil sma saja?kira2 krusakan di mn? & apa motor ini memakai pulser &4 kbel dr mesin magnet apa sj nmnya.tlg krm ke email sy di (tono8589@gmail)com trims

    Suka

    1. iya pake fulser kabel 4 dr manget – warna putih = kabel pengisian aki. – kabel kuning = penyalaan lampu. – kabel biru kuning = kbel fulser. hita putih = massa.

      Suka

  20. Mau nany, motor blade say taun 2011 klo mesinny panas, ada bau angitny. Ky ada yg kebakar. Diliat kabel- kabelny ga ada yg kebakat. Apa mgkn dari koilny coz bauny dari situ. Tp masih jalan walaupun panas mesinny

    Suka

    1. coba di chek oli/bensinnya ada yg bocor ke blok mesin ndak… kmungkinan dr stu bsa…
      bau sangit bsa jg krna setelan karbu terlalu irit trus mesin cpet panas/overheadting jg bsa….

      Suka

  21. mas bro ane ada pertanyaan. Motor ane jupiter z 2006 penyakitnya kalo lampu depan di nyalain langsung mati pada posisi berhenti, padahal setelan gas udah gede, sudah ganti sepul pula, mohon jawabanya terima kasih.

    Suka

  22. gan mau tnya gmn cara mengetes spull cdi menggunakan alat ukur avometer/multitester krn stiap motor yg pengapian ac beda voltasenya

    Suka

  23. bro… motor ane mengalami hal yang sama, yaitu saat mesin dingin tidak ada apa2 malahan terkesan normal saja, beda saat digeber dikecepatan tinggi dalam jarak +/-2km, mesin mulai brebet lalu mati, begitu ditunggu bberapa saat mesin mau hidup tapi suli, setelah lama normal kembali…
    beda jika busi dirapatkan, ga ada gejala brebet samasekali…
    catat:sistem karburasi normal.
    yang ditakutkan salah ganti, rencananya saya mau gulung ulang spul…!!!

    Suka

  24. terima kasih berkat anda saya dapat memahami kerusakan pada motor saya karena pengapian pada busi berwarna kemerahan berarti penyebabnya pada koil. dan satu lagi dengan saya membeli multitester saya akan lebih dapat mengecek keadaan pengapian pada motor. sekali lagi terima kasih.

    Suka

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.