CIRI KOMPONEN PENGAPIAN MATI
Sistem pengapian bertugas menyediakan kilatan api untuk membakar bensin yg telah terkompresi. Syaratnya, waktu pengapian harus tepat dan power apiharus kuat. Pengapian lama dikenal tipe platina (konvensional) dan yg modern sudahelektronik (CDI).
Selanjutnya kita kupas khusus pengapianCDI, baik sumber arusnya searah (…aki/DC) maupun bolak-balik (AC/spul).
Komponenya mulai dr spul atau aki, CDI, KOIL, pulser dan busi. Bila terjadi kerusakan mendeteksinya pakai alat khusus, misalnya pakai multitester, spark plug tester atau ignition tester. Sayangnya tidaksemua bengkel memiliki alat ini, apalagi perorangan yg hobi utak-atik dirumah. Nah, ini sedikit berbagi cara mengetahui ciri-ciri kerusakannya.
KOIL
Fungsi koil menggandakan tegangan rendah dari aki atau spul menjadi ribuan kilo volt, dalemannya berisi kumparan primer dan sekunder. “menurut petunjuk buku manual kerusakan koil terdeteksi lewat besarnya tahanan kumparan. Bila menyimpang dari spesifikasi artinya rusak ”
Lalu, apaciri khas koil sudah wajib ganti.? “petanda koil rusak salah satunya bila mesin panas atau setelah berjalan beberapa kilometer tiba-tiba api hilang” bila koil bermasalah jarang bget apinya langsung hilang, kebanyakan busi masih memeletikkan api, tapi lompatannya kecil dan berwarna merah dan yg bagus berwarna putih kebiru-biruan. Enggak heran kalau mesin susah hidup.
CDI
Ada dua ciri khas bila capasitor discharge ignition (CDI) wajib ganti “percikan api pada busi hilang sama sekali dan mbrebet diputaran tinggi”.
Bila kasus pertama menimpa anda, mesin motor ngak bisa dinyalakan, adaperangkat elektronik dalam CDI yg mati/putus, bisa kapasitor atau pulsernya. Bila diukur dengan multitester , tegangan kabel yg mrnuju koil hilang sama sekali.
Berbedabila putaran mesin tersendat diputaran atas, menurut tuner mesin. “koil masih mengeluarkan tegangan tinggi tetapi tak sanggup melayani frekwensi tinggi” jd lompatan apinya terputus-putus, begitu puntiran gas diturunkan mesin normal kembali.
SPU L PENGAPIAN
Spul alias kumparan pengapian menyediakan sumber tegangan bolak-balik (AC), komponen ini khusus untuk pengapian CDI AC. Funsinya sama seperti aki Cuma bedanya tegangannya searah (DC). Spul putus atau terbakar tidak bisa memproduksi setrum ”makanya bila komponen ini troble mesin mati total” pertanda spul terbakar secara fisik nampak gosong.
Berbeda pada CDI DC yg sumber tegangannya aki, bila aki rusak mesin masih bisa dihidupkan “asal sistem pengisian masih jalan, sebab suolai mesin digantikan oleh kiprok”, perlu diwaspadai bila aki tidak segera diganti sangatberbahayaterhadap CDI. Soalnya output kiprok tidak murni arus searah. Bila dideteksi dengan osciloscope masih terlihat adanya gelombang tegangan AC.
PULSER
Gejala pulser problem mirip dengan CDI. “bila belum parah mesin masih menyala tetapi endut-endutan”. Munculnya bisa diputaran bawah juga di rpm atas.
Bila kumparan didalam pulser putus maka tidak keluar tegangan samasekali, sehingga listrik yg seharusnya dikirim ke SCR dalam CDI terputus, setrum dalam kapasitor tidak tersalur ke koil sehingga mesin mogok.
BUSI
Busi yg mendekati kematian cirinya saat di starter muncul letupan dimoncong knalpot, mesin juga sulit dihidupkan, tetapi bila isolator dalam busi putus maka mesin mati total. Meskipun koil memproduksi tegangan tinggi akan terhambat. Alhasil, elektroda busi tak ada letikan bunga api
mau nanya mas…
saya punya motor mx new…aki sama kiprok baru…
dua bulan pemakaian aki kenapa soak ya…?
SukaSuka
Coba di pastikan dulu ya.. apakah jalur pengisian dan instalasi nya ada yg sudah di modif apa tidak,
SukaSuka
sore gan,sya punya motor krisma 125,kendalax tdak bsa hidup padahal spul dan pulserx baru smua,trus di cek pke multimeter msi bgus,trus klau di pasang kepala dri kabel spul,sama felser ke kipro ad percikan api,trus klo dri CDI ke kuil da ad,padahal CDI nya bru,bhkan karna tda ad percik api di bli lgi yg bru,tpi ttp aj ad ad percikan api yg mnju kuil,kra2 slsix gmna mna gan,.?
SukaSuka
coba periksa apakah kabel ground nya kurang sempurna dan cek instlasi jalur pengapian juga..
SukaSuka
https://polldaddy.com/js/rating/rating.jsMas sy punya honda karisma, klau jalan tiba2 mati tapi klau d kontak langsung bunyi lagi kira apa mas
SukaSuka
Mas sy punya honda krisma klau jalan biasa mati tp klau d kontak kembali langsung bunyi lagi kira2 apanya mas
SukaSuka
Utk memastikan bisa di coba jamper dlu kabel nya kontak buat jalan mati ndak, atau langsung coba ganti kontak, indikasi permslahan di kontak e itu
SukaSuka
https://polldaddy.com/js/rating/rating.jsBang ane punya vario lama kok gk ada apinya sama sekali dari sepul.sama.pulser.gk.kluar api gimana bang solusinya
SukaSuka
Cek spul nya brooo… Pake avo/Multitester, kmungkinan ad lilitan yg putus/terbakar…
SukaSuka
info anda sangat membantu
SukaSuka
https://polldaddy.com/js/rating/rating.jsMotor sya jufiter z.
Masalh pengapian g ada dari supull pdhal spull dan fulser sdh ganti baru… mohon solusinx bang… thanks!
SukaSuka
Gak ada dari spul.???
Padahal sumber arus dari generator (spul + magnet) jika dr spul tdk ada Arus, coba pastikan saat pemasangan spull baru sudah benar blm, jagan2 Masa arus ny tdk nempel / spul nya bermslah, cek pke Multitester, Pastikan penggunaan Spul Original YGP (Yamaha Genuine Parts)
SukaSuka
https://polldaddy.com/js/rating/rating.jsMau tanya gan.
Motor saya satria f.
Keluahannya,klu dlm kondsi pelan,mesin brebet kayak bensin mau hbis.mohon solusinya, mksh gan
SukaSuka
Perlu pengecekan dlu nih….
Yg pasti 3 faktor syarat motor hidup, dr situ juga kmungkinan motor UpNormal,
1.pengapian,
2.bahan bakar,
3.kompresi,
Cek dlu komponen.2 yg berhubungan dgan itu.. thanks…
SukaSuka
https://polldaddy.com/js/rating/rating.jstrmksh atas pnjelasan ny smga than membrkati AMIN.
SukaDisukai oleh 1 orang
Mau tanya gan
Motor saya megapro2007
Motornya saya kalo udah panas mati, tapi sebelum mati brebet dulu
Nahh kejadian ini timbul setelah motor habis di cuci
Mohon pencerahannya
SukaSuka
Baru kali ini apa pernah sebelume ya gan.? Klo baru kali ini mgkin bisa si moncong karbu / filter ke masukan air, coba cek busi nya gmn dl gan…
SukaSuka
Gan Mau Tanyak … gua Punya sepeda Motor Shogun rr 125
sepeda Motor Tiba2 Mati Waktu Di Kendarain ,,
di Cek Di Bengkel
Ternyata Perapian Mati total Gk da sama Sekali ,, Di Periksa Cdi aman , spull aman ,, Batre aman ,, Koil Aman ,, Busi Aman ,,, tpi Kok Tetep Aja Api Nya Gk Da Sama Sekali >.
Mohon Pencerahan Gan
Terimah Kasih
SukaSuka
Yg blm di sebutin –> Fulser nya gmna.?
Klo semua di pastikan Aman/bagus coba chek jalur / instalai nya…
SukaSuka
trims… sebelumnya..
ini gan… motor saya grand dari cdi ada percikan Bagus… ke coil kog g bisa ngluarin api… kalau massa ditempel ke bodi g bisa.. kalau direnggangin atau digesek kebody koil ada percikan api…gimana solusinya gan…?
SukaSuka
Coba cek massa ad yg kurang kuat apa ndak, selain itu coba check fulser nya.. cara check fulser pke bsa pke lampu LED, thanks..
SukaSuka
Coba cek massa ad yg kurang kuat apa ndak, selain itu coba check fulser nya.. cara check fulser pke bsa pke lampu LED, thanks
SukaSuka
sangat bermanfaat
SukaSuka
Terima kasih
SukaSuka
Motor saya F1Z R….Spul baru pulser baru tp ko’ ttap gk bisa mnghasilkan pecikan api..,?KNAPA..?
SukaSuka
Spul CDI baru tapi api dari koil tidak terputus??
SukaSuka
fulser bisa dites nga api nya, mks
SukaSuka
Bisa pake lampu LED.,
SukaSuka
mas sebelumnya ni mau tanya ya saya pake fiz r , tapi kelistrikan hidup kecuali pengapian busi yang jadi pertanyaa saya kabel orange positif dari cdi itu gak mau mengeluarkan loncatan api apakah cdi nya bermasalah ya?
SukaSuka
cdi bermasalah bisa mas, tp baik nya di pastikan dlu, dari spul untuk arus pengapiannya keluar ndak arus nya, dan Fulser pgapian ny juga normal ndak, gitu ya..
SukaSuka
Cek de sumber arus dlu, Spul + fulsef, klo OK baru cek CDI, bisa juga cuma krena kabel/kontak ad yg konslet
SukaSuka
saya punya colt th 80 . baru jalan 2 km koil panas dan mrebet. lalu di platina tidak ada percikan api . apa penyebabnya
SukaSuka
Gan… Scorpio ane CDI baru, fulser baru, spul baru, tapi ko pengapiannya masih kosong ya gan, alias belum ada apinya…???
SukaSuka
coba cek jalur nya om, bisa aja blm pas…
SukaSuka
Misi gan ,motor kharisma saya pengapiannya kadang ada kadang hilang padahal busi,coil fulser udah dicek msh bagus,kabel + soket bagus,apa ya penyebabnya ?
SukaSuka
Pasti ada komponen yg lemah, atau coba cek soket kontak atau kbel ada yg udh mulai rusak (kabel berjamur)
SukaSuka
sepeda motor mati dlm keadaan dingin
SukaSuka
coba cek satu persatu dari spul-fulser-cdi-coil, dalam keadaan dingin
SukaSuka
Mas sy mau tnya, npa motor supra x sy bla di gas besar dkit dia merebet, bla tarik gas pelan bru dia normal, pada hal sy dah ganti cdi bru dan karbu bru dan jg busi tpi hsil nya ttp sma,tlng di jlas kan, mksh
SukaSuka
maksutnya di gas besar sedikit mbrebet seperti apa ya,? apa di gas spontan/di gas ditahan sedikit.?
SukaSuka
Amas sy mo tanya setang seher dah goyang ap itu bisa jd sebab sepul sering mati.
SukaSuka
sepul sering mati di cek dulu apa ada gesekan antara magnet dan batang/rumah spul,? jika iya penyebabnya karena bearing poros engkol aus atau bisa jd putaran magnet oleng,
setang seker tidak pengaruh ke spul sring mati,
SukaSuka
Koil sya barru tapi tda kluar bunga api klw api dari cdi masuk koil bagus
SukaSuka
coba di cek massa coil nya dan masa instalasi ground nya mas
SukaSuka
mau nanya ni mesin scorpio saya di bak spul pengapian ada oli apakah normal atau ada masalah lain
SukaSuka
normal mas, karena tipe scorpio blok magnet terendam oli
SukaSuka
gan,. ane pnya masalah dg motor gl max, disaat mesin dingin sulit banget di hidupkan saya copot kabel busi tdk keluar listriknya terus mesin bisa hidup normal setelah di stater beberapa kali, anehnya ketika saya rem mesin langsung mati sepertinya suplai listrik tersedot lampu rem. kalo mesin sudah panas mesin berjalan seperti biasa. ini penyebabnya apa ya gan.. mohon pencerahannya….
SukaSuka
sudah ada tanda-tanda aus itu mas, antara spul-cdi-coil-fulser
SukaSuka
Asslamualaikum wr wb. Terima kasih atas masukan nya
SukaSuka
Bung arif mw nanya niih, sy punya motor xeon, awal gejalany langsamx naik n turu pertama di hidupkan, terus ku perbaiki kalbulatorx, n ku pasangkan kembali, setelah di engkol berkali2 motornya tidak mau hidup lagi sampe sekrang, kira-2 apa yah masalah di motorku, ku tunggu jawabanya, cepat yahhh????
SukaSuka
maaf banget baru bisa respon
SukaSuka
bos kalau punya ane kejadiannya kaya gini lagi jalan tiba2 mati dan pengapian sama sekali ngak ada dan setelah di cek ke bengkel dan di coba antara koil dan cdi tapi ngak ada keluar pengapiannya kira2 apanya tuh gan?
SukaSuka
yg hruus di chek dari sumber aruus nya dulu, yaitu dr spul untuk motor pgapian AC dan dr accu untuk pgapian DC, baru cek CDI – FULSER – KONTAK – KOIL – dan jgan lupa kabel nya jg.. naah tp klo setiap mesin panas macet kmungkinan diantara spul + FULser + coil nya…
SukaSuka
maaf tuan2 numpang tanya nich, cara deteksi kerusakan pulser pake multitester gimana ya?
SukaSuka
paling mudah bukan menggunakan multitester, tp pake lampu let elektronik yg aruse cuma sekitar 3 volt,
SukaSuka
bro pertanyaan saya sama kaya “Anonymous ,30 Juni 2011 pada 8:25” motor saya RX spesial udah CDI bawaan dari sononya…
gini ni… motor saya kalo dipake agak lama n mesin udah panas gitu kok brebet-brebet terus mati ya.. tapi kalo uda didiemin sebentar nanti bisa hidup lagi,, tak kirain koilnya udah lemah… udah diganti koil eh sama aja… kenapa ya… apa CDI nya apa spull nya ??
mohon pencerahannya gan….
SukaSuka
masih ada masalah ndak.??? 5f bru bisa balas….
SukaSuka
gan, mohon d jwb.. Motor ane shogun 125.. Aki motor baru ganti sbulan, tp kok motor ga bisa hidup, awal pagi saya bwa motor trus sendat”, trus motor mati gitu aja,. Saya hidupkan malah kluar asap di karbu.. Trus motor mati total.. Kira” apa yang rusak ya.!?
SukaSuka
prnah sy alami,mesin motor jika panas langsung mati,tunggu skitr 15 mnt br bs nyala lg msn mtr,stelah 2 kilo mati…… bw ke beres trnyata spull dan cdi sudah lemah………di ganti dgn yg ori walou mahal spart partnya,problem motor selesai…….
SukaSuka
Motor gw supra 100 cc suka ngadat/mogok tiap hbis jalan susah bngt d idupinya tpi pngapian d busi gede apinya,tpi heran boros bngt sma businya cpet bngt item,klo d putaran gas rendah brebet-brebet. Filing gw si pulsernya udh ngadat. Mnurut anda apanya ya?
SukaSuka
mohon infonya gan
motor saya smash
sama klo motor udah panas suka mati trus ddiemin bentar hidup lgi..
kira2 apa ya penyakitnya..?
SukaSuka
bang mau nanya motor saya itu kadang mati sendiri ,tapi kalo kontak dimatikan trus dihidupkan kembali distater langsung hidup normal lagi,,itu knapa ya tolong solusinya jwbnya email ke maryanto1922@gmail.com terimaksih atas solusinya yg akan diberikan
SukaSuka
motor satria 2 tak keluaran pertama, klo di gas hmpir mentok2 mbrebet dan meledak2 ada api di knalpot apa yg brmslh cdi/ spul.busi pke bru hasil sma saja?kira2 krusakan di mn? & apa motor ini memakai pulser &4 kbel dr mesin magnet apa sj nmnya.tlg krm ke email sy di (tono8589@gmail)com trims
SukaSuka
iya pake fulser kabel 4 dr manget – warna putih = kabel pengisian aki. – kabel kuning = penyalaan lampu. – kabel biru kuning = kbel fulser. hita putih = massa.
SukaSuka
mf gan mtr ane mg pro slalu msalah spul g ad pengpian gmna solusiya?
SukaSuka
ya di spul aja… kalau ganti baru yg ori tp harga lumayan mahal…
SukaSuka
Mau tanya ne gan,knapa aki saya gk bza ngisi lagi ya,itu kiprock atau apa gan??? Tolong informasi nya gan trima kasih
SukaSuka
karena kiprok lemah bsa.. slain itu krna spul lemah/kabel ada yg konslet atau rusak,
SukaSuka
Mau nany, motor blade say taun 2011 klo mesinny panas, ada bau angitny. Ky ada yg kebakar. Diliat kabel- kabelny ga ada yg kebakat. Apa mgkn dari koilny coz bauny dari situ. Tp masih jalan walaupun panas mesinny
SukaSuka
coba di chek oli/bensinnya ada yg bocor ke blok mesin ndak… kmungkinan dr stu bsa…
bau sangit bsa jg krna setelan karbu terlalu irit trus mesin cpet panas/overheadting jg bsa….
SukaSuka
sory baru nongol…
hehehe
SukaSuka
kenapa kerusakan pada motor sering terhadap spu l
SukaSuka
mas bro ane ada pertanyaan. Motor ane jupiter z 2006 penyakitnya kalo lampu depan di nyalain langsung mati pada posisi berhenti, padahal setelan gas udah gede, sudah ganti sepul pula, mohon jawabanya terima kasih.
SukaSuka
gan mau tnya gmn cara mengetes spull cdi menggunakan alat ukur avometer/multitester krn stiap motor yg pengapian ac beda voltasenya
SukaSuka
permisi mo nanya gan.,klo dri koil kadang keluar api kadang nggak,kira2 knpa ya..
SukaSuka
apakah CDI bisa di perbaiki? gmana caranya? biasanya apa yg rusak?
SukaSuka
fungsi pulser sih ap y?
SukaSuka
kenapa splul pengapian motor bisa kebakar?
SukaSuka
bro… motor ane mengalami hal yang sama, yaitu saat mesin dingin tidak ada apa2 malahan terkesan normal saja, beda saat digeber dikecepatan tinggi dalam jarak +/-2km, mesin mulai brebet lalu mati, begitu ditunggu bberapa saat mesin mau hidup tapi suli, setelah lama normal kembali…
beda jika busi dirapatkan, ga ada gejala brebet samasekali…
catat:sistem karburasi normal.
yang ditakutkan salah ganti, rencananya saya mau gulung ulang spul…!!!
SukaSuka
terima kasih berkat anda saya dapat memahami kerusakan pada motor saya karena pengapian pada busi berwarna kemerahan berarti penyebabnya pada koil. dan satu lagi dengan saya membeli multitester saya akan lebih dapat mengecek keadaan pengapian pada motor. sekali lagi terima kasih.
SukaSuka